Dari DaerahTerkini

3 Hari Tak Diangkut, Sampah Jadi “Primadona” di Lokasi STQ Tingkat Nasional

SOFIFI, Koridormalutnews.com- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menyiapkan 21 lokasi untuk dijadikan tempat pembuangan sampah terutama saat berlangsungnya pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional ke-XXVI di Sofifi, Maluku Utara, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-22 Oktober 2021 nanti.

“21 titik lokasi itu tersebar di 2 Kelurahan dan 3 Desa yang ada di Kota Sofifi,” kata Kepala DLH Malut, Fachrudin Tukuboya, Rabu (6/10/21)

Menurut dia, lokasi utama STQ yakni, Masjid Raya, jalan protokoler, dan rumah inap para kafilah telah disiapkan 5 lokasi pembuangan sampah oleh DLH Malut dan menjadi konsentrasi dari 21 lokasi tersebut untuk dilakukan pembersihan.

“Itu nanti konsentrasi untuk pembersihannya disitu,” jelasnya

Meski begitu, berdasarkan pantauan Koridor Malut, Rabu (6/10/2021) masih ditemukan beragam sampah tertumpuk di area STQ tepatnya di jalan Km. 40 Kota Sofifi. Ironisnya, beragam sampah tersebut tak diangkut oleh Dinas terkait dan dibiarkan menumpuk selama 3 hari belakangan.

“Ini sudah 3 hari dorang (mereka) tidak angkat,” ujar Rina salah seorang warga Kota Sofifi yang ditemui wartawan kami.

Hal ini membuat catatan negatif bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku dinas terkait yang menangani persoalan sampah ini. Mengingat pelaksanaan STQ Nasional tinggal menghitung hari. (Andre)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close