FokusPendidikan & Kesehatan

5 bulan Tak Kunjung Dibayar, Gaji Guru Honorer ‘Macet’ di SK

SOFIFI, Koridormalutnews.com– Ratusan guru honorer tingkat SMA/SMK di kabupaten/kota mulai mengeluh. Keluhan itu disampaikan, karena sejak november 2020 hingga maret 2021 ini gaji honorer guru belum juga dibayar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku utara.

“Kami sebenarnya bingung, apa masalahnya sehingga gaji kami belum dibayar selama 5 bulan,”ungkap sejumlah guru honorer di Kota Ternate, rabu (24/3).

Para guru honorer berharap agar gubernur Maluku Utara (Malut) bisa melihat kondisi yang mereka alami saat ini, karena tugas mereka untuk mendidik sudah dilakukan, namun lagi-lagi hak mereka selalu diabaikan.

“Kami berharap pak gubernur bisa melihat derita kami, karena kita sudah menjalankan kewajiban kami, tapi hak kami tidak diperhatikan,” tandasnya.

Sementara itu, kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Malut, Ahmad Purbaya ketika dikonfirmasi mengenai apakah permintaan pencairan gaji guru honorer sudah disampaikan ke BPKPAD, dia mengaku, hingga saat ini belum ada permintaan dari Dikbud Malut terkait gaji honorer guru. “Belum ada permintaan dari Dikbud Malut,”akunya.

Ahmad menyatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan Dikbud Malut dan jawaban dari Dikbud Malut ialah karena ada penambahan jumlah guru honorer, sehingga ada perubahan SK, makannya permintaan gaji guru honorer belum diajukan ke BPKPAD.

“Ada perubahan SK dan Dikbud sudah ajukan perubahan SK ke pak gubernur, jadi setelah SK itu diterbitkan barulah permintaan pencairan gaji honorer diajukan ke BPKPAD. Tapi jelasnya nanti dikonfirmasi lagi ke Dikbud,”tandasnya.

Terpisah Kadikbud Malut, Imam Makhdy Hasan yang hendak dikonfirmasi terkait persoalan ini melalui sambungan telepon tidak terhubung hingga berita ini diterbitkan. (Andre)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close