Pendidikan & KesehatanTerkini

Alumni Unipas Pertanyakan Uang Pengembalian Dari Pihak Kampus

MOROTAI, KMnews.com- Mahasiswa lulusan Universitas Pasifik (unipas) kabupaten Pulau Morotai mempertanyakan uang mereka yang belum dikembalikan oleh pihak Universitas dan Pemerintah Daerah (Pemda) Morotai.

Uang tersebut terhitung sejak tahun 2020 hingga saat ini, yang ditotal dari tagungan biaya KBM, Proposal dan Skripsi dengan jumlah lebih kurang 5 juta rupiah.

Omboh Suleman, seorang mahasiswa alumni Unipas menjelaskan bahwa masalah ini terus dikawal dan akan meminta tindak lanjut dari pihak kampus. Sebab pihak kampus sudah menjanjikan akan dikembalikan.

“Unipas semenjak ditetapkan sebagai kampus gratis, semua biaya pendidikan itu digratiskan. Toh kenapa kami di bebani untuk bayar. konon katanya kampus akan mengembalikan uang kami tapi sampai sekarang belum juga dikembalikan” terang Ombo

Menangapi persoalan ini, Siti Marwa Kharie selaku bagian keuangan Universitas Pasifik Morotai menjelaskan bahwa pihaknya telah mengajukan persoalan ini ke bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Akan tetapi, data tersebut harus diverifikasi di tingkat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diknas).

“Setelah selesai dari Diknas untuk verifikasi data, baru diberi rekomendasi ke Pemda melalui Kesra, baru kemudian Kesra mengeluarkan SPM. Jadi sementara itu dana belum masuk ke Unipas, akan tetapi kami sudah memasukan data alumni ke Diknas, tinggal tunggu proses tahapan saja” jelas Marwa

Selanjutnya marwa bilang terkait pengembalian dana tersebut akan secara otomatis masuk ke rekening mahasiswa alumni, karena data tersebut telah direkomendasikan ke pemerintah.

“Kami pihak kampus hanya memfasilitasi data. Karna kemarin Unipas sudah digratiskan maka biaya pendidikan semua dibebankan kepada Pemda, mulai dari SPP, beasiswa, magang, proposal serta skripsi” terangnya (Ahlit)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close