HeadlineTravelingWisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Melaksanakan Pelatihan Bagi Pelaku Usaha Kepariwisataan

MOROTAI,koridormalutnews.com- Untuk meningkatkan kualitas destinasi wisata dan kapasitas masyarakat pelaku usaha kepariwisataan, Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, melaksanakan pelatihan Manajemen Homestay, Pondok Wisata dan Rumah Wisata.
Pelatihan bagi pelaku usaha kepariwisataan ini, dilaksnakan di kuliner eks lokasi sail, di Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan, Kamis (1/10/2020).

Kadis Pariwisata Ida A Arsyad mengatakan, setiap tahun kegiatan pelatihan terus dilakukan, untuk meningkatkan sumber daya manusia pada sektor pariwisata di Kabupaten Pulau Morotai.
Kegiatan ini non fisik yang dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020. Ada empat kegiatan pelatihan, yaitu peningkatan sumber daya manusia, pelatihan manajemen Homestay, pondok wisata dan rumah wisata, pelatihan tata kelola destinasi dan pelatihan diving.

Pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pengelola dan pelaku usaha pariwisata, yang saat ini sudah dibentuk kelompok di Desa, agar dapat ditingkatkan pengelolaannya secara baik. Sehingga dapat berperan aktif guna menciptakan peningkatan kualitas homestay, pondok, produk dan pelayanan pariwisata. Karena akan berdampak pada minat wisatawan yang nantinya berkunjung ke Morotai, serta menguatkan daya saing di bidang pariwisata.

Pelatihan ini juga sudah dilakukan tahun sebelumnya, karena mengigat Kabupaten Pulau Morotai merupakan destinasi wisata yang masuk dalam 10 Bali baru di Indonesia, yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan juga masuk dalam KSPN.

“Segala hal yang mendukung atau menunjang di sektor pariwisata akan tetap dilaksanakan, ” kata Ida Arsad. Pemda Kabupaten Morotai memiliki perhatian serius, apalagi dalam rangka mengembangkan sumber daya manusia.

Dia menambahkan, khusus diving setiap tahun diberikan pelatihan sumber daya manusia secara bertahap sampai memiliki sertifikat. Ditargetkan sampai menjadi master dive di Morotai dan itu kita kerjasama dengan Universitas Poltek Pariwisata Manado.

Jurnalis : Athy Juliyati
Redaktur : Kusniadi

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close