Dari DaerahTerkini

DKP Malut Dan PSDKP Ambon Teken Kerjasama Pengawasan Perairan

SOFIFI, Koridormalutnews.com- Dalam rangka meningkatkan sinergitas pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan di Maluku Utara (Malut), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Malut tengah menjalin kerjasama pengawasan perairan bersama Stasiun Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon yang dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS).

Penandatanganan perjanjian kerjasama diantara kedua belah pihak ini dilaksanakan di ruang rapat DKP Malut Sofifi, Senin (30/8/21). Perjanjian tersebut ditandatangani langsung oleh kepala DKP Malut, Abdullah Assagaf, S.Pi M,Si dan Kepala Stasiun PSDKP Ambon Abdul Qudus, S.STPi, M.Si bertujuan menciptakan keterpaduan, efektifitas, dan efisiensi dalam kegiatan pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan.

Selain itu, kerjasama ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang tertib dan taat hukum yang dilakukan dengan prinsip kebersamaan, “saling mendukung, saling kerjasama dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku berdasarkan azas manfaat, keseimbangan, dan prinsip perikanan yang bertanggung jawab di wilayah provinsi Malut” kata Abdullah

Abdullah yang didampingi sejumlah Kepala Bidang dan Kepala Seksi lingkup DKP Malut juga mengatakan sangat terbuka dan menerima perjanjian kerjasama yang baik ini. Bahkan dirinya mengaku, perairan Malut yang kaya dengan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan tentu banyak di incar oleh berbagai pihak, karenanya dengan keterbatasan fasilitas maupun aparatur pengawasan, sangat tidak mungkin DKP Malut bekerja tunggal dalam melakukan pengawasan.

“Kekayaan potensi kelautan dan perikanan Malut saat ini memang menjadi pusat perhatian dan di incar banyak pihak, sehingga perlu ada peningkatan sinergitas sistem pengawasan guna menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab” tegas Aba sapaan karib Abdullah

Menurutnya, dalam perjanjian kerjasama pengawasan tersebut disepakati beberapa hal meliputi pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan, penanganan tindak pidana perikanan, peningkatan kemampuan sumberdaya manusia serta pertukaran data dan informasi.

“Sementara, teknis pelaksanaan ruang lingkup kerjasama akan dijabarkan lebih lanjut dalam rencana kerja sesuai kesepakatan DKP Malut dan Stasiun PSDKP Ambon” jelas Abdullah (Andre)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close