HeadlinekoridormalutnewsPostingan Anda

Dua Peserta UKW Belum Berkompeten

TERNATE,koridormalutnews.com- Wakil Ketua Dewan Pers  Hendy CH Bangun memberikan apresiasi atas pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke III-IV  Provinsi Maluku Utara, selama dua hari 17-18 Oktober 2020 di gedung Dhu’Afa Center Kota Ternate.

Tingkat kelulusan peserta UKW ini mencapai 95 persen, suatu prestasi  yang luar biasa selama  kegiatan UKW di Indonesia. Dari 44 peserta teregistrasi ikut UKW  dari berbagai  jenjang, terdapat  2 peserta  yang belum berkompeten.

“Peserta yang belum berkompeten dapat mengikuti UKW setelah 6 bulan. Bila ada peserta tidak  merasa puas dengan penilaian dari penguji maka bisa melakukan banding ke Dewan Pers,” ungkap  Hendy CH Bangun dalam acara penutupan  UKW ke III-IV Provinsi Maluku Utara, Minggu (18/10/2020).

Penguji dalam UKW  merupakan  wartawan   yang memiliki pengalaman di atas 25 tahun dan  tergabung dalam  kepengurusan Dewan Pers maupun PWI Pusat.

“Menjadi tim penguji  tidak mudah, kita punya beban tersendiri jika nantinya harus memutuskan mereka tidak berkompeten,“ ujar Hendy CH Bangun.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Maluku Utara Safrudin Ganda meminta wartawan menolak berita hoax karena  melanggar Kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang   Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Saya  minta  rekan-rekan wartawan bisa membedakan berita fakta dan hoax. Wartawan  wajib menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalis  dan UU  Pers,”  tandas Safrudin Ganda.

Reporter : Mansur
Editor     : Kusniadi

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close