Dari DaerahTerkini

Dugaan Kecurangan di Pilkades Ngele-ngele, Panitia Dinilai Tidak Independen

MOROTAI, KMnews.com- Aliansi Peduli Nilai Demokrasi (APND) bersama masyarakat melakukan demonstrasi terkait sengketa pemilihan kepala desa di Desa Ngele-ngele, kecamatan Morotai Selatan Barat, kabupaten Pulau Morotai, Senin (17/1/22)

Amatan Koridormalut, demonstrasi yang dilakukan di kantor Dukcapil Morotai dan di kantor Bupati serta di dinas DPMD kabupaten Pulau Morotai dilakukan sekitar pukul 09.00 Wit.

Ketika ditemui dilokasi demonstrasi, Koordinator lapangan, Siblih Sawal menyampaikan bahwa terdapat dugaan, panitia penyelenggara pemilihan kepala desa dan oknum lain yang melakukan kecurangan dalam proses pemilihan kepala desa di Desa Ngele-ngele.

Siblih menjabarkan, pada tanggal 12 januari 2022 pemilihan kepala desa dilakukan di desa Ngele-ngele dan pencoblosan dimulai sekitar pukul 08.00 dan berakhir 12.00 Wit. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara dengan hasil perolehan suara terbanyak dimenangkan oleh Cakades nomor urut 03 dengan jumlah 132 suara.

“Sementara nomor urut 02 memperoleh suara 127 suara. Akan tetapi dari figur 02 mendatangi Bupati dan meminta untuk dilakukan pemilihan ulang, sebab ada 14 orang yang belum melakukan pemilihan” jelas Siblih

Keanehan terlihat ketika terjadi pemilihan ulang khusus 14 orang yang dimaksud dilakukan tepat jam 3 malam.

“Padahal 14 orang ini tidak ada di daftar DPT, karena mereka ini semua sudah berdomisili di daerah lain. Ini berarti kecurangan yang dilakukan figur 02 dan bekerja sama dengan panitia Cakades dan Dukcapil Morotai bersama PMD juga” tegas Siblih

Terpisah Fitra Piga mengatakan, kasus sengketa Pilkades yang terjadi di desa Ngele-ngele kecil ini jika tidak diselesaikan maka akan terjadi konflik horisontal yang tidak bisa dikendalikan.

“Hari ini jika Dinas Pependudukan Catatan Sipil tidak terbuka jujur atas data atau administrasi sengketa pemilu itu berarti kepala Dinas Dukcapil juga bagian dari kelompok praktek kejahatan” tegas Fitra

Pihaknya juga menegaskan, jika sebgekta pemilihan kepala desa ini tidak diselesaikan oleh Panitia dan DPMD maka mereka akan terus melakukan demonstrasi guna mengawal kasus tersebut hingga tuntas (Ahlit)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close