HeadlineInfo Pilkada 2020koridormalutnews

Joel Said Jalani Tradisi Prosesi Adat Cuci Kaki di Tonamalangi

TOBELO,koridormalutnews.com- Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Joel Wogono dan Said Badjak, Kamis (01/10/2020), mengikrarkan janjinya dengan melakukan tradisi cuci kaki sebagai filosofis yaitu penyucian diri.

Prosesi adat cuci kaki dilakukan karena salah satu situs sejarah di daerah ini, yakni tonamalangi di Desa Mamuya Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Tempat dimana para leluhur mengikrarkan janjinya, untuk berdamai dengan cara menancapkan kakinya di sebuah batu yang disebut tonamalangi.

Kedatangan Paslon nomor dua ini, disambut meriah oleh masyarakat setempat dengan terikan Hotu ye serta tarian cakalele. Tokoh masyarakat Kabupaten Halut, Bernat mengaku kegiatan seperti ini, jarang sekali dilakukan di sepanjang masa pemerintahan saat ini.

“Saya merasa bangga karena kegiatan adat seperti ini sudah jarang sekali dilakukan,” cetus Bernat hingga meneteskan air mata.

Menurut dia, prosesi adat cuci kaki ini penting untuk dilakukan. Hal ini berguna, ketika mereka terpilih nanti, masyarakat yang dilayani dengan tulus. Paslon yang bertajuk JOS ini, didampingi tokoh adat Kabupaten Halmahera Utara Hein Namotemo.

Usai prosesi adat cuci kaki pasangan Joel Wogono dan Said Badjak, dihantar menuju Hibualamo sebuah rumah besar masyarakat Halmahera Utara.

Jurnalis : Sammy Latumase
Redaktur : Kusniadi

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close