Berita FotoTraveling

Keindahan Pulau Morotai

Tempat Beragam Objek Wisata yang Eksotis dan Mempesona

Pulau Morotai merupakan nama pulau yang berada di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku. Luas dari pulau ini sebesar 2.330.60 Km2 dengan panjang garis pantai 311.217 Km.

Pulau Morotai punya 33 pulau kecil yang mengelilinginya. Pulau yang tidak berpenghuni berjumlah 26 pulau, dan berpenghuni berjumlah 7 pulau, yaitu pulau Morotai (main island), pulau Kolorai, pulau Ngele-ngele kecil, pulau Ngele-ngele besar pulau Golo-golo, pulau Rao, dan pulau Saminyamau.

Pulau ini memiliki beragam destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menempuh tiga jalur, yakni udara, laut, dan darat.

Buat kamu yang menggunakan jalur udara, bisa naik pesawat menuju Ternate, dilanjutkan naik Susi Air ke Pulau Morotai. Sedangkan, jalur laut, kamu bisa menempuhnya dari Pelabuhan Ahmad Yani atau Imam Lastori. Terakhir, jalur darat bisa dicapai dengan rute Ternate-Sofifi-Tobelo-Morotai.

Nah, apa aja sih destinasi wisata yang menarik di Pulau Morotai, Sulawesi Utara? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

  1. Pulau Sumsum
wisata-di-pulau-moratai
Pulau Sumsum

Tempat wisata Di Morotai ini menjadi salah satu pulau yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Diceritakan pada zaman dahulu, Pulau Sumsum digunakan sebagai markas peristirahatan bagi Jendral Douglas Mac Arthur yang merupakan pemimpin dari pasukan sekutu di kawasan Asia Pasifik. Hal tersebutlah yang menjadikan Pulau Sumsum dikenal juga dengan nama Zum-Zum Mc. Arthur Island.

Selain keindahan pantai berpasir putih, kamu juga akan menemukan beberapa peninggalan sejarah seperti tempat tinggal Mac Arthur, Monumen Mac Arthur, hingga Gua Pusat Komando serta tempat pendaratan tank amfibi.

 

2. Pulau Dodola

Pulau Dodola
Pulau Dodola

Pulau Dodola sendiri terbagi menjadi Dodola Kecil dan Dodola Besar. Keduanya terpisah hanya sekitar 500 meter saja. Menariknya saat kamu air pasang kedua puau ini akan menyatu. Sebaliknya, saat air surut kedua pulau ini akan terpisah satu sama lain.

Berkunjung ke sini kamu bisa melihat keindahan pemandangan berupa pantai berpasir putih. Selain itu, pantai di Pulau Dodola juga masih sangat bersih, sehingga nyaman untuk tempat berlibur. Tidak hanya itu tempat ini pun sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, seperti jetsky dan beberapa penginapan sehingga akan cukup memudahkan untuk para wisatawan yang berlibur. Selama di sana kamu bebas melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari berenang, memancing, snorkeling hingga diving.

 

3. Pulau Kolorai

kolorai

Pulau Kolorai juga tidak boleh ketinggalan masuk ke dalam bucketlist kamu saat berkunjung ke Pulau Morotai. Dengan kondisi ombak yang cenderung tenang kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik di sini mulai dari berenang hingga snorkeling.

Di kawasan Mrorotai sendiri Pulau Kolorai merupakan tempat tinggal bagi para nelayan di sana. Tetapi tenang, meski termasuk pemukiman suasana di sini masih cukup sepi sehingga cocok untuk relaksasi. Menariknya, berkunjung ke Pulau Kolorai kamu bisa menyaksikan Festival Kolorai. Pada Festival tersebut para wisata diperbolehkan untuk ikut beberapa kegiatannya, seperti Tikar Adat, Kabilano hingga Susiru.

1 2Laman berikutnya
Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close