Dari DaerahPendidikan & Kesehatan

Mendagri Apresiasi Upaya Vaksinasi di Tikep yang Naik 3,73%

TERNATE, KMnews.com- Menghitung hari tahun 2021 bakal berakhir, sementara pandemi covid-19 masih belum juga usai. Guna menangkal hal itu, pemerintah telah berupaya dengan mewajibkan vaksinasi bagi setiap masyarakat yang layak mendapatkannya. Dalam rangka melakukan percepatan vaksinasi di Maluku Utara maka pada hari Kamis (23/12) dilaksanakan rapat koordinasi percepatan vaksinasi covid-19 di Gamalama Ballroom Grand Dafam, Ternate.

Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan didampingi oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara K.H. Abdul Gani Kasuba serta dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-provinsi Maluku Utara.

Masing-masing kepala daerah memaparkan prospek vaksinasi di daerahnya. Capt. H. Ali Ibrahim selaku Walikota Tidore Kepulauan dalam Rapat Koordinasi tersebut memaparkan data capaian vaksinasi Kota Tidore Kepulauan periode tanggal 22 Desember 2021 melalui Data di Dashboard KPCPEN tercatat bahwa masyarakat yang sudah menerima vaksin dosis 1 presentasinya sebesar 48,12 %.

Sedangkan untuk dosis kedua presentasinya 27,28% dan dosis ketiga Presentasinya 41,67 %. Adapun melalui data manual di Dinas Kesehatan tercatat yang telah menerima vaksin covid-19 dosis 1 presentasinya 56,39 %, Dosis 2 presentasinya 31,39 % dan dosis 3 presentasinya 48,98%. Sementara gambaran kenaikan cakupan vaksinasi Kota Tidore Kepulauan periode tanggal 22 Desember 2021 mengalami kenaikan sebesar 3,73 %.

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Press Conference menyampaikan, kunjungannya ke Maluku Utara bersama dengan rombongan Kemendagri dan juga Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) guna membahas terkait percepatan vaksinasi di Provinsi Maluku Utara.

“Saya hadir berkunjung ke Ternate Maluku Utara bersama dengan rombongan Kemendagri dan juga Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), kita membahas terkait percepatan vaksinasi, hal ini sangat diperlukan untuk mencapai target 70 Persen dosis pertama, sesuai dengan target dari Bapak Presiden,” Tutur Tito

Lebih lanjut Tito mengatakan, Provinsi Maluku Utara, masuk dalam 5 Provinsi yang terendah capaian vaksinasinya, namun setelah diupdate, ada gotong royong vaksinasi yang cukup banyak dengan berbagai strategi dan upaya yang sudah dijalankan di masing-masing Kabupaten/Kota, hanya saja belum masuk dalam data, sehingga angkanya lumayan untuk Provinsi Maluku Utara bisa mencapai target 70 persen.

“Ada beberapa Kabupaten/Kota yang optimis untuk mencapai target vaksinasi 70 %, salah satunya Kota Tidore Kepulauan,” ungkap Tito

Tito juga menambahkan, Maluku Utara ini sebetulnya indikator pengendalian pandemi cukup baik, angka kasus positif sudah menurun jauh. Keterisian rumah sakit juga sudah turun sekali bahkan dibawah WHO, angka kematian juga sangat rendah.

“Tapi ini jangan sampai kita berpuas diri, karena masih ada kasus meskipun sangat sedikit sekali, yang berikutnya lagi kita belum memahami karakter dari Omicron dan varian baru, kita tetap waspada itu dengan tetap menjaga protokol kesehatan, serta upaya vaksinasi terus dilakukan,” Ujar Tito

Mengakhiri paparannya dalam Press Conference tersebut, Tito Karnavian menegaskan bahwa pada perayaan natal dan tahun baru tidak ada pesta-pesta kembang api yang memancing kerumunan masyarakat, alun-alun juga tidak boleh dibuka dan ini berlaku di seluruh Indonesia. (On)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close