HeadlineTerkini

Pemkab Halut Prioritaskan Pembangunan Jembatan dan Normalisasi Sungai

HALUT, Koridormalutnew.com– Pasca bencana banjir yang melanda Halmahera utara pada 16 januari lalu, Pemerintah setempat berupaya untuk menata kembali fasilitas-fasilitas yang rusak akibat banjir. Salah satunya ialah jembatan yang berada di desa Ngidiho, kecamatan Galela utara.

Sebagai akses jalan yang menghubungkan kecamatan Galela dan Loloda, pemerintah akan lebih memprioritaskan pembangunan jembatan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah setempat telah merancangkan anggaran untuk diusulkan ke Badan Penanggulangan Bencana Nasional(BPBN).

Dominggus Hadi, kepala Dinas Pekerjaan Umum Halmahera Utara menjelaskan, pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah Maluku utara Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga akan memasang jembatan bailey sebagai pengganti sementara jembatan Desa Ngidiho. .

Untuk itu, kata dia usulan anggaran pembangunan jembatan di wilayah itu nantinya akan dipatenkan layaknya seperti semula. Selain jembatan, pihaknya juga akan mengusulkan rancangan anggaran normalisasi sungai Tiabo serta sungai Wailamo, desa Pitago Kecamatan Kao Barat ke Kementrian Pekerjaan Umum.

“Ya kami telah mengusulkan hal ini ke Badan Bencana Nasional sementara untuk normalisasi sungai sudah kami usulkan ke Kementrian Pekerjaan Umum,”ungkap Dominggus di ruang kerjanya, rabu(3/2/21).

Akan tetapi, ketika ditanyakan soal besaran anggaran yang diusulkan untuk pembangunan jembatan serta normalisasi sungai, ia mengaku belum bisa menyebutkan total anggaran yang diusulkan.

” Kita tunggu saja yang pasti usulan ini telah kami sampaikan ke Wamen saat meninjau lokasi,” tutup Dominggus (rob)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close