Politik & Pemerintahan

Pesan Wagub Kepada Pj Bupati Morotai yang Baru Dilantik

SOFIFI, KMnews.com – Pejabat (Pj) Bupati Pulau Morotai akhirnya resmi dilantik oleh Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir.Al Yasin Ali. MT, di Aula Nuku Kantor Gubernur Provinsi Maluku Utara pada hari Jum’at (27/5/2022)

Pelantikan Bupati Pulau Morotai tersebut dilaksanakan berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.82-1210 Tahun 2022 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Pulau Morotai.

Dalam prosesi pelantikan turut hadir Ketua Pengadilan Tinggi Maluku Utara, Sekertaris Daerah Maluku Utara, Kasrem 152 Babullah, Dandenpomal, Ketua I TP PKK Provinsi Malut, Ketua DPRD Morotai, Danlanud Morotai, serta tamu undangan lainya.

Dalam sambutannya, Wagub Ir.Al Yasin Ali. MT menyampaikan bahwa pelantikan pada hari ini, merupakan momen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya di Kabupaten Pulau Morotai. Sebagaimana diketahui bahwa pelantikan Pj Bupati merupakan langkah untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati, yang telah berakhir pada tanggal 22 Mei. Kehadiran Penjabat Bupati semata-mata untuk menjamin kesinambungan roda pemerintahaan.

“Keberadaan saudara menjadi sangat penting dan sangat strategis, karena secara Nasional kita akan memasuki tahun 2024. Dimana terdapat agenda pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemelihan Kepala Daerah yang dilaksanakan secara serentak” jelas Wagub

“Masa jabatan Penjabat Bupati Pulau Morotai adalah 1 Tahun tentu bukanlah waktu yang singkat. Ada banyak tantangan yang akan saudara hadapi, ditengah kondisi negara dan daerah saat ini yang belum sepenuhnya lepas dari wabah Virus Covid 19” sambungnya

Wagub menguraikan, kendala internal dihadapi, antara lain rendahnya kemampuan fiskal daerah, minimnya PAD, minimya infrastruktur, masih lemahnya koordinasi, rendahnya disiplin dan etos kerja ASN, serta adanya tumpang tindih kewenangan.

Sedangkan persoalan eksternal meliputi situasi Covid 19 yang belum berakhir, kenaikan BBM dan kenaikan harga sejumlah bahan pangan, daya beli masayarakat masih rendah, serta tingkat kemiskinan dan pengangguran yang cenderung meningkat.

“Keharmonisan akan memberikan energi positif bagi kemajuan Pemerintah Daerah. Sebagaimana keputusan Menteri Dalam Negeri, Penjabat Bupati Morotai memiliki tugas antara lain, memimpin penyelenggaraan urusan pemerintahaan, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, membahas dan menandatangani rancangan Perda, melakukan pengisian dan mutasi pejabat, memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN, dan melaksanakan tugas selaku ketua satgas penanganan covid 19” urai Wagub

Yasin Ali menegaskan, beberapa tugas tersebut harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Sebab, kata Yasin, baik dan buruknya kelanjutan pemerintahan menjadi tanggung jawab dari Pj Bupati yang baru dilantik.

“Kepada Penjabat Bupati yang baru dilantik, agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Sebagai seorang ASN, saya meminta agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab tidak terlibat atau melibatkan diri dalam kepentingan politik praktis” pintanya.

Dalam pelantikan tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pulau Morotai. (Ahlit*)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close