Dari DaerahTerkini

Resmi Ditutup, DKI Jakarta Keluar Sebagai Juara Umum STQ Tingkat Nasional di Maluku Utara

SOFIFI, KMnews.com- Wakil Menteri Agama (Kemenag) RI, H. Zainut Tauhid Sa’adi resmi menutup Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) Tingkat Nasional ke XXVI di Sofifi, Maluku Utara (Malut) pada, Jumat (22/10/21) malam

Dalam sambutannya, Zainut menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia yang meraih juara pada setiap cabang lomba dan golongan yang dipertandingkan pada STQH tersebut.

Namun, bagi peserta yang belum berhasil meraih juara agar tidak berkecil hati sebab tujuan mengikuti STQ ini bukan hanya sekedar menjadi juara melainkan ada tujuan yang lebih mulia dan hakiki, yaitu untuk membumikan ajaran Islam, siar Islam dan menjalin ukhuwah Islamiah.

“Al-qur’an sejatinya bukan sekedar bahasa Arab dalam pengertian etnik. tapi bahasa Ilahiah yang memuat pesan dan hikma agung bagi ummat manusia,” ucap Zainut

Dikatakan Zainut, Al-qur’an adalah jejak Ilahi alam semesta, tahta dan bahasa. Dinamika bumi yang keluar dari Al-qur’an sejatinya adalah simbol ilahia.

“Maka setiap pembacaan Al-qur’an pada dasarnya merupakan ikhtiar untuk mengungkap khakikat ilahia yang maha agung.” ujarnya

Untuk diketahui, berdasarkan keputusan dewan hakim, ada 10 Provinsi yang masuk pada kategori 10 besar. Dari 10 provinsi tersebut peraih juara terbanyak adalah provinsi DKI Jakarta. Disusul Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, Riau, Kalimantan Selatan, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat dan Papua.

Peraih Juara pertama dengan cabang lomba Tilawah, adalah Qori Muhammad Mas’ud, dari provinsi Jawa Tengah dengan total nilai yang di peroleh 98,83.

Juara pertama dengan cabang lomba Qori’ah dewasa dijuarai oleh Yuni Wulandari dari provinsi Nusa Tenggara Barat dengan perolehan nilai 97,66.

Sedangkan juara kedua dengan cabang lomba Tilawah Dewasa adalah Danial Muhammad Hubaibillah dari provinsi Jawa Timur dengan perolehan nilai 98, dan Muhammad Rizqan dari provinsi Kalimantan Selatan sebagai pemenang ketiga dengan perolehan nilai 96,33.

Sementara juara kedua dengan cabang lomba Qo’riah dewasa dijuarai oleh Adila Latifah dari Nagroe Aceh Darussalam dengan perolehan nilai 96,83 dan Sri Rahmadani dari Sumatera Utara yang meraih nilai 85,66.

Selanjutnya juara pertama dengan cabang lomba Qori anak-anak diraih oleh Ahmad Ismat Ramadhani dari DKI Jakarta dengan nilai 98,33, dan juara kedua diraih oleh Amdad Fatah Fawwas dari Jawa Timur dengan nilai 97,17 serta Nanda Anand Mumtaz sebagai peraih juara ketiga dari Kepulauan Riau.

Kemudian juara pertama dengan cabang lomba Qori’ah anak-anak diraih oleh Khairatunnisa dari DKI Jakarta dengan perolehan nilai 98,67, juara kedua ditempati oleh Malika Khairah Khalqillah dari Kalimantan Barat, dengan meraih nilai 97,53 dan Zalfa Imratul Muflihah dari Sumatera Utara sebagai peraih juara ketiga dengan nilai 95,66 (Andre)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close