HeadlineTerkini

Soal Bansos Korban Rusuh, Wakil Ketua LBH Kepton ‘Semprot’ Kadinsos Malut

SOFIFI, Koridormalutnews.com– Terkait Bantuan sosial (Bansos) untuk masyarakat korban rusuh, wakil ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kepton, Kadrin Djabad menyampaikan bahwa hal itu adalah kewenangan LBH Kepton.

Kepala Dinas Sosial Malut, Muhammad H. Ismail,selasa (2/1/21) kemarin, menyatakan bahwa terkait dugaan pungutan yang dilakukan LBH Kepton terhadap korban rusuh, dirinya mengharapkan agar jangan dulu dilakukan permintaan.

Muhammad bilang masyarakat Provinsi Maluku Utara jangan mempercayai pihak-pihak terkait yang sedang mengumpulkan KTP. Karena data pemberian bantuan pada saat rusuh sementara tim internal di dinas Sosial Malut sedang melakukan update.

“Dinas sosial untuk sementara telah mengupdate sebanyak 35.000 KK 159 Jiwa korban rusuh, dan di Dinas Sosial sampai sekarang masih punya data itu.” katanya

Menepis pernyataan Kadinsos Malut tersebut, wakil ketua LBH Kepton, Kadrin Djabab naik pitam. ia menyatakan bahwa, baik permintaan biaya maupun persoalan data bukanlah urusan pemerintah karena hal ini adalah urusan lembaga.

“Data yang dimiliki oleh Dinas sosial Provinsi Maluku Utara sudah ditolak oleh pengadilan dan juga Kementrian Sosial. Oleh sebab itu data tersebut yang kemudian membuat mereka kalah” terang Kadrin, rabu (3/1/21)

Ia menegaskan bahwa Kemensos mengetahui kalau persoalan data itu wewenangnya LBH Kepton, bukan dari pemerintah. LBH Kepton memiliki kewenangan sebagai tim teknis. Baik itu teknis penyaluran maupun teknis data. Pemerintah hanya mempunyai kewenangan untuk menyiapkan dana sesuai dengan amar putusan. “SK sudah keluar itu, jadi mau macam-macam saya perkara mereka”

“Kenapa Menteri sosial juga belum mengadakan penyuratan terhadap Instansi terkait, Karena SK teknis belum dikeluarkan oleh LBH Kepton. Apabila SK tim tekhnis sudah dimasukan ke Kemensos, baru kemudian Kemensos mengadakan penyuratan kepada Instansi terkait karena mereka itu bukan sebagai eksekutor, eksekutor itu adalah LBH Kepton” tegasnya (Andre)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button