Dari Daerah

Upah Kerja Tertunggak, Pembangunan Kantor Desa Gunange Halsel Patut Diusut

HALSEL, Koridormalutnews.com- Kantor Desa Gunange, kecamatan Kayoa, kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara, belum bisa difungsikan oleh pemerintah desa setempat. Hal ini disebabkan pemerintah desa setempat diduga belum melunasi upah pekerja/buruh yang membangun kantor tersebut.

Akibatnya, Kantor yang dibangun sejak 2018 ini kemudian disegel oleh pekerja dan menegaskan bahwa kantor tersebut bakal terus disegel hingga pemerintah desa membayar upah mereka.

Informasi yang dihimpun media ini, jumlah pekerja yang upahnya belum dilunasi sebanyak 7 orang dengan total sebesar Rp.10.200.000

Salah seorang pekerja, Anwar meminta agar upah kerja mereka segera dilunasi, jika tidak kantor tersebut akan terus disegel.

“Dan bisa difungsikan selama upah kerja telah dilunasi.” tegas Anwar ketika dikonfirmasi Koridormalutnews.com, sabtu (15/5/21).

Katanya, pekerja yang belum menerima upah sebanyak 3 orang, dan jumlah seluruh upah kerja yang harus dilunasi sebesar Rp 9.000.000.

Sementara itu, menurut pekerja lainnya Jon Hardin bahwa jika dihitung dengan pekerja harian maka total pekerja yang belum menerima upah sebanyak 6 orang.

Selain itu, Hayup pekerja lainnya mengungkapkan bahwa upah kerja miliknya juga belum dibayar, yakni sebanyak Rp 1.200.000.

Kepala desa Gunange, Den Muhajir saat dimintai keterangan menyebutkan bahwa dirinya tidak mengetahui masalah tersebut dengan sebenarnya. Menurut Den Muhajir, penanggungjawab proyek kantor desa pada waktu itu adalah mantan Pj kepala desa (Kades) Gunange, Farit A. Samud.

“Ini kan dong pe urusan deng pejabat, jadi tong tara tau sebenarnya. Dia (Anwar) mesti pi di farit, terus minta farit dia pe tanggapan bagimana,” katanya.

Menurut Kades, dirinya sudah berkoordinasi dengan Mantan Pj kades Gunange, Farit A. Samud untuk mencari jalan keluar yang terbaik terhadap masalah upah.

“Jadi saya sudah komunikasi dengan Farit, saya sudah koordinasi dengan Farit, cuman dia bilang so lunas, baru anwar bilang belum. Kalau anwar bilang belum kan ada jalur hukum jadi sebaiknya masalah ini dibawa ke jalur hukum, lapor polisi saja,” tukas Kades.

Hingga berita ini dipublish, awak media dalam upaya untuk mengkonfirmasi mantan Pj Kades Gunange, Farit A. Samud. (Ridal)

Label
Tampilkan Lebih Banyak

Koridor Malut

Koridormalutnews.com adalah media online berbasis di Ternate dan fokus untuk wilayah Maluku Utara.

Artikel Terkait

Back to top button
Close